Meraup Keuntungan dari Bisnis Investasi Renovasi Rumah
Investasi menguntungkan dengan renovasi rumah

Meraup Keuntungan dari Bisnis Investasi Renovasi Rumah

Merencanakan renovasi rumah itu mudah dan menyenangkan, tetapi tidak semua proyek renovasi berdampak yang sama terhadap nilai rumah Anda, jadi Anda harus merencanakannya dengan sangat hati-hati.

Berikut adalah ringkasan tentang cara mendapatkan hasil maksimal, serta catatan tentang bagaimana cara membiayai renovasi rumah.

Proyek Renovasi Rumah yang Paling Umum

Setiap tahun, Majalah Renovasi membandingkan biaya rata-rata nasional untuk proyek renovasi populer dengan nilai proyek tersebut saat rumah terjual. Setiap tahun analisis biaya berbanding nilai investasi ini memunculkan trend serupa di mana proyek memberikan laba atas investasi/Return of Investment (ROI) paling besar.

Berikut beberapa proyek renovasi yang menguntungkan:

  • Mengganti pintu depan dan pintu garasi Anda adalah proyek yang relatif murah yang menghasilkan 85-100 persen ROI karena fungsi dan daya tarik visual dari sisi jalan.
  • Penggantian dinding dan penambahan dek kayu adalah proyek yang sedikit lebih mahal yang menghasilkan 70-80 persen ROI.
  • Perombakan dapur kecil akan menghasilkan 70-80 persen ROI, sedangkan perombakan dapur besar akan menghasilkan sekitar 65 persen ROI.
  • Penggantian jendela akan menghasilkan ROI 68-78 persen.
  • Penggantian atap akan menghasilkan 60-70 persen ROI.
  • Merombak kamar mandi akan menghasilkan 60-70 persen ROI.

Ini hanyalah beberapa contoh proyek, dan menggunakan rata-rata perhitungan data untuk rumah kelas menengah. Angka-angka ini berubah berdasarkan wilayah dan kota, serta ukuran type rumah kelas menengah hingga kelas atas.

Seperti yang diperlihatkan oleh angka-angka persentasi umum ini, hanya sedikit proyek renovasi rumah sendiri yang bisa menguntungkan bahkan tidak mendekati perhitungan di atas. Tapi Anda bisa menghindarinya dengan berkonsultasi atau bekerjasama dengan pihak-pihak atau kontraktor profesional. Atau bahkan agen real estate. Kontraktor profesional dan agen-agen real estate bisa membantu Anda untuk memperkirakan keuntungan dan kerugian proyek renovasi terhadap harga jual rumah Anda.

Bagaimana Menentukan Harga Proyek dan Menemukan Penyedia Layanan?

Anda dapat merencanakan proyek renovasi rumah berdasarkan kategori, dan memberi harga pada setiap bagian proyek pengerjaan termasuk bahan dan tenaga kerja berdasarkan daftar kerja.

Setelah Anda siap untuk itu, Anda juga dapat mencari ahli renovasi rumah yang resmi dan memiliki legalitas untuk mengerjakan proyek renovasi tersebut.

Keuntungan Renovasi rumah
Menentukan nilai investasi tinggi rendah dengan renovasi rumah

Bagaimana Membayar Biaya Renovasi?

Jika Anda telah menentukan bahwa ROI proyek Anda harapkan dan memutuskan untuk melakukannya, cara withering umum untuk mendanai perbaikan rumah adalah sebagai berikut:

1. Membayar Tunai dari Tabungan

Ada baiknya merencanakan proyek renovasi jauh hari agar semua aspek perencanaan dan pembiayaan lebih matang. Menabung adalah keputusan withering bijak untuk pembiayaan renovasi karena tidak terbebani oleh hutang dan bunga.

2. Kredit Multiguna

Di setiap bank yang sudah berkembang di negara ini, semuanya memiliki produk kredit multiguna. Kredit tersebut dapat digunakan untuk keperluan konsumtif. Kredit ini bisa berbentuk pendidikan anak, kesehatan, untuk keperluan membeli mobil, untuk biaya renovasi rumah, dan lain sebagainya.

Untuk merenovasi rumah terkadang butuh dana yang cukup besar sehingga terkadang alternatif untuk melakukan renovasi adalah melakukan gadai jaminan sertifikat rumah sehingga dana renovasi dapat diperoleh dengan cepat dengan jaminan yang aman yaitu rumah itu sendiri.

Lewat kredit multiguna dana bisa diajukan berkisar dari Rp2.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000. Tenor yang diberikan juga memiliki kebebasan bisa setahun, dua tahun, atau sampai belasan tahun.

Selain itu bunga yang di berikan pada kredit multiguna ini juga bervariasi berkisar antara 9% sampai dengan 12%. Suku bunga yang tinggi merupakan suatu kelemahan dari kredit multiguna.

Namun ada kelebihannya yaitu agunan yang ditetapkan tidak hanya berupa tanah atau bangunan saja tetapi bisa suatu kendaraan. Selain hal tersebut kredit multiguna bisa dicairkan 100% sesuai dengan kebutuhan.

3. Kredit Renovasi

Kalau bicara keunggulan, kredit renovasi agak berbeda dengan kredit multiguna karena kredit renovasi dikenakan bunga yang jauh lebih rendah, tenor yang ditetapkan lebih panjang, dan plafon yang lebih besar dari kredit multiguna.

Kelemahan dari kredit renovasi sendiri antara lain adalah terletak pada aspek agunan. Kita memilih kredit renovasi maka yang akan menjadi agunan adalah rumah yang akan di renovasi. Besarnya dana yang dicairkan dapat mencapai 80 % dari kebutuhan RAB atau rencana anggaran bangunan renovasi rumah, sehingga kita menanggung sisanya.

Akhir kata, sebelum melakukan renovasi ada baiknya Anda mempertimbangkan bagian mana yang paling penting dan paling mendesak terlebih dahulu.

Semoga artikel ini bisa jadi pertimbangan dalam merencanakan renovasi serta menentukan tujuan dari renovasi rumah Anda, sebagai hunian pribadi maupun bisnis investasi property.

(Mr.T)