Renovasi Jendela Meningkatkan Efisiensi Energi dan Nilai Properti

Renovasi Jendela Meningkatkan Efisiensi Energi dan Nilai Properti

Apakah Anda sedang mencari proyek renovasi untuk meningkatkan efisiensi energi rumah Anda dan meningkatkan nilai properti Anda? Penggantian jendela adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan ini sekaligus memberikan tampilan luar rumah Anda semakin menarik. Aneh ya? Kok jendela sih?

Faktanya, ini adalah salah satu permintaan paling umum yang sering di terima penyedia layanan renovasi di beberapa daerah. Meskipun banyak artikel atau tayangan video tentang perbaikan dan renovasi rumah membuat proyek ini terlihat sangat mudah, kenyataannya ini bukan proyek gampangan. Bisa jadi Anda dapat dengan sendirinya mengalami banyak jenis masalah saat memasang jendela baru jika Anda tidak mengerti dan tidak berhati-hati.

Manfaat Penggantian Jendela

Sebelum kita menyelami prosesnya, mari kita bahas tentang mengapa Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengganti jendela baru di rumah Anda. Gaya rumah masa kini jauh lebih hemat energi dan menawarkan isolasi yang lebih baik daripada gaya masa lalu. Menggantinya dapat membantu Anda dari keharusan membayar tagihan listrik ekstra sepanjang tahun.

Peredaman suara adalah manfaat lain yang dibutuhkan kebanyakan orang. Jika Anda tinggal di dekat jalan yang ramai atau di daerah yang berisik, Anda pasti akan menikmati ketenangan dengan mengganti jendela Anda saat ini.

Coba kita lihat nilai aspek visual dengan memasang jendela baru di seluruh rumah Anda. Hal ini tidak hanya menambah nilai tepi jalan yang sangat besar untuk membantu meningkatkan estetika eksterior rumah Anda, jendela modern juga lebih mudah dibersihkan karena fitur khusus.

Singkatnya, menambahkan jendela baru ke rumah Anda memiliki banyak manfaat. Sekarang Anda hanya perlu memutuskan apakah perlu waktu dan uang Anda untuk proyek tersebut.

jendela-rumah
Gambar jendela rumah minimalis modern

Cara Terbaik Memasang atau Mengganti Jendela

  1. Mulailah dengan Melepas Jendela Lama

Ini langkah pertama yang cukup jelas, tetapi sangat penting untuk melepas jendela lama sebelum Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Pastinya hehehe.

Pada tahap ini, Anda tentunya sudah menyediakan jendela yang dibuat khusus dan siap untuk instalasi. Buka sekrup bingkai dan kemudian ke kusen jendela jika Anda bisa.

  1. Melepas Kaca dari Jendela Baru

Meskipun lebih ringan dari beberapa desain sebelumnya, jendela baru masih sedikit besar dan berat jika Anda mencoba menggunakannya secara keseluruhan. Sebaliknya, tukang profesional biasanya melepas kaca dan menyisihkannya sampai mereka selesai memasang bingkai. Hal ini memastikan bingkai jendela baru berada di posisi tepat jauh lebih mudah terutama saat menambahkan sekrup ke bingkai.

  1. Memasang Bingkai Jendela Baru

Sekarang sampai pada bagian memasang bingkai jendela itu sendiri. Setelah jendela lama dilepas, bingkai baru bisa disesuaikan ke dalam bingkai lama sebelumnya. Tangga sangat dibutuhkan pada tahap ini untuk memastikan bingkai berada di posisi yang benar dan bahkan mungkin satu atau dua orang pembantu untuk menahan posisi terbaiknya.

Selanjutnya, Anda akan menambahkan sekrup untuk memperkuat bingkai di kusen. Jumlah sekrup dan posisinya mungkin tergantung pada ukuran jendela yang Anda pasang. Dalam beberapa hal, dengan kusen yang lebih besar.

Terkadang inilah yang membuat kita kesulitan apabila ingin mengerjakan renovasi penggantian jendela ini sendiri.

  1. Mengganti Kaca

Selanjutnya menempatkan kaca baru ke dalam bingkai jendela. Tahap ini sangat tepat untuk memastikan apakah jendela mudah saat membuka dan menutupnya. Bisa jadi, ini adalah tahap termudah dari keseluruhan proses pemasangan jendela, karena jendela saat ini dirancang agar mudah dimiringkan untuk pembersihan dan tugas pemeliharaan lainnya.

Setelah Anda selesai mengganti kaca dan posisi pemasangan jendela sudah terlihat baik, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Tutup Jendela

Terakhir, menutup jendela tentunya bertujuan agar air dan udara tidak merembes di sekitar bingkai. Jika ada celah yang besar, dibutuhkan potongan atau serbuk kayu untuk mengisi rongga sebelum Anda mendempul. Ada banyak video yang mungkin Anda gunakan sebagai referensi cara mendempul yang baik.

Masalah yang Mungkin Timbul Saat Memasang Jendela

Proyek renovasi seperti ini selalu memiliki beberapa kelemahan. Jika rumah lebih tua dan jendelanya merupakan jendela bawaan saat awal bangun rumah, Anda juga dapat mengalami kondisi di mana kusen tidak lurus dan tidak sesuai dengan jendela baru yang akan dipasang. Anda mungkin harus membeli alat khusus untuk memotong dan mengecat.

Masalah yang lain adalah kemungkinan Anda mendapatkan jendela yang salah atau ukuran yang tidak pas. Hampir setiap rumah tua memiliki sedikit perbedaan, jadi pastikan Anda bekerja sama dengan tukang profesional saat memesan yang baru. Mereka akan mengarahkan tentang cara yang tepat untuk mengukur atau mengirimkan perwakilan untuk membantu. Proyek renovasi ini bukan ibarat membeli furnitur atau peralatan dari toko bangunan.

Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Menyewa Profesional?

Mengganti jendela di rumah bisa sangat memakan waktu dan lebih rumit dari kelihatannya. Faktanya, kebanyakan orang termasuk ahli renovasi rumah berpengalaman tidak ingin melakukannya tanpa bimbingan profesional. Oleh karena itu kami sangat menyarankan menyewa tukang profesional untuk menangani pekerjaan tersebut.

Sebagai perusahaan legal dibawah naungan PT Bangun Indah Perkasa, kami menawarkan berbagai layanan untuk membantu mewujudkan impian renovasi rumah Anda. Proyek kecil seperti mengganti rangkaian listrik atau AC hingga ke proyek renovasi skala besar dan bangunan baru, kami menangani semuanya. Silakan hubungi kami hari ini untuk mendiskusikan rencana proyek Anda.

Tinggalkan Balasan